RPP BERKARAKTER MENGOPERASIKAN ALAT KOMUNIKASI TELEPON

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERKARAKTER
(RPP)

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Nama Sekolah : SMK PGRI 2 Malang
Kelas / Semester : XI/ 1
Alokasi Waktu : 3 x 45 Menit

A. Standar Kompetensi
Menyiapkan dan Mengoperasikan Peralatan Transaksi Dilokasi Penjualan
B. Kompetensi Dasar
Mengoperasikan Alat Komunikasi

C. Indikator
1. Pemanggilan dari alat komunikasi dijawab dengan cepat dan tanggap sesuai prosedur perusahaan
2. Informasi dan pemanggil didapatkan secara akurat dan lengkap
3. Pesan dari pemanggil diterima dan diserahkan kepada orang yang terkait
4. Panggilan diakhiri dengan baik sesuai dengan etika dan etiket
5. Nomor-nomor telpon yang sering dihubungi, dicatat dengan baik dan akurat
6. Kerusakan alat dilaporkan kepada pihak yang berwenang sesuai prosedur
D. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pelajaran, diharapkan siswa mampu :

1. Memahami Etika dan Etiket Berkomunikasi
2. Memahami Prosedur Pengoperasian Alat Komunikasi
3. Memahami Prosedur Penanganan Informasi Secara Lengkap dan Akurat Serta Meneruskan Informasi yang Diterima Kepada yang kompeten
4. Menerima Informasi Secara Lengkap dan Akurat
5. Menjawab Telepon sesuai dengan Etika dan Etiket Bertelpon
6. Menjawab Panggilan Telepon dengan Cepat Dan Tanggap
7. Memahami Fungsi Tombol Pada Pesawat Telepon untuk Mendapatkan Informasi Lengkap dan Akurat
8. Menggunakan Catatan Daftar Nomor Telepon Pelanggan
9. Memahami Prosedur Pemeliharaan Pesawat Telepon
10. Melaporkan Kerusakan Telepon kepada Pihak yang Berwenang dalam Perusahaan
11. Sikap-sikap yang Diperlukan dalam Diperlukan dalam Mengoperasikan Alat Komunikasi
E. Materi Pembelajaran
1. Menjelaskan tata cara pengoperasian alat komunikasi telepon
2. Menjelaskan fungsi tombol pada pesawat telepon untuk mendapatkan informasi akurat dan lengkap
3. Menjelaskan prosedur penanganan informasi
4. Menjelaskan etika dan etiket berkomunikasi
5. Menjelaskan prosedur pemeliharaan telepon
F. Model Pembelajaran
 Role Playing

G. Metode Pembelajaran
 Ceramah
 Praktek/Demonstrasion
 Penugasan

H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke-1,2,3

No Keterangan Waktu
1. a. Kegiatan awal
• Berdoa (NK: taqwa).
• Mengecek kehadiran siswa (NK: disiplin).
• Menanyakan kabar siswa – dengan fokus pada mereka yang tidak datang dan/atau yang pada pertemuan sebelumnya tidak datang (NK: peduli, empati).
• Apersepsi : Guru memberikan gambaran sekilas mengenai Alat Komunikasi.
• Motivasi : Jika kalian pernah melakukan komunikasi, pasti kalian akan lebih mengerti dan faham dengan pelajaran ini nanti. (NK :cerdas)
• Guru menginformasikan tujuan pembelajaran. 20 Menit
2. b. Kegiatan inti
• Menjelaskan Etika dan Etiket Komunikasi
• Menjelaskan Tentang Prosedur Pengoperasian Alat Komunikasi
• Menjelaskan Prosedur Penanganan Informasi Secara Lengkap dan Akurat Serta Meneruskan Informasi yang Diterima Kepada yang Kompeten
• Menerima Informasi Secara Lengkap dan Akurat
• Menjawab Panggilan Teleon Sesuai Etika dan Etiket Bertelpon
• Menjawab panggilan Telepon dengan Cepat dan Tanggap
• Penutup 80 Menit
3. c. Kegiatan Akhir
– Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran
– Guru menginformasikan kepada peserta didik tentang tindak lanjut pelajaran ini
– Berdoa dan Salam (NK: taqwa). 20 Menit

Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke-4,5,

No Keterangan Waktu
1. a. Kegiatan awal
• Berdoa (NK: taqwa).
• Mengecek kehadiran siswa (NK: disiplin).
• Menanyakan kabar siswa – dengan fokus pada mereka yang tidak datang dan/atau yang pada pertemuan sebelumnya tidak datang (NK: peduli, empati).
• Apersepsi : Guru memberikan gambaran sekilas mengenai Alat Komunikasi.
• Motivasi : Jika kalian pernah melakukan komunikasi, pasti kalian akan lebih mengerti dan faham dengan pelajaran ini nanti. (NK :cerdas)
• Guru menginformasikan tujuan pembelajaran. 20 Menit
2. b. Kegiatan inti
• Menjelaskan Fungsi tombol Pada Pesawat Telepon
• Menjelaskan Tentang Tata Cara Menggunakan Catatan Daftar Nomor Telepon Pelanggan
• Menjelaskan Prosedur Pemeliharaan Telepon
• Menjelaskan Tentang Prosedur Melapor Kerusakan telepon Kepada pihak yang Berwenang dalam Perusahaan
• Menjelaskan Sikap-sikap yang Diperlukan dalam Mengoperasikan Alat Komunikasi
• Penutup 80 Menit
3. c. Kegiatan Akhir
– Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran
– Guru menginformasikan kepada peserta didik tentang tindak lanjut pelajaran ini
– Berdoa dan Salam (NK: taqwa). 20 Menit

Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke-6,7,

No Keterangan Waktu
1. a. Kegiatan awal
• Berdoa (NK: taqwa).
• Mengecek kehadiran siswa (NK: disiplin).
• Menanyakan kabar siswa – dengan fokus pada mereka yang tidak datang dan/atau yang pada pertemuan sebelumnya tidak datang (NK: peduli, empati).
• Apersepsi : Guru memberikan gambaran sekilas mengenai Alat Komunikasi.
• Motivasi : Jika kalian pernah melakukan komunikasi, pasti kalian akan lebih mengerti dan faham dengan pelajaran ini nanti. (NK :cerdas)
• Guru menginformasikan tujuan pembelajaran. 20 Menit
2. b. Kegiatan inti
• Praktikum Pengoperasian Alat Komunikasi
• Guru menyusun/ menyiapkan scenario yang akan ditampilkan
• Menunjuk beberapa siswa untk mempelajari skenario dua hari sebelum KBM
• Guru membentuk kelompok siswa yang anggoyanya 5 orang
• Memberikan penjelasantentang kopetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran
• Memanggil para siswa yang sudah diunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah disiapkan
• Masing-masing siswa duduk dikelompoknya, masing-masing sambil memperhatikan mengamati scenario yang sedang diperagakan
• Setelah selesai dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas
• Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulanya
• Guru memberikan kesimpulan secara umum
• Evaluasi
• Penutup 80 Menit
3. c. Kegiatan Akhir
– Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran
– Guru menginformasikan kepada peserta didik tentang tindak lanjut pelajaran ini
– Berdoa dan Salam (NK: taqwa). 20 Menit

I. Alat / Sumber / Bahan
a) Buku rujukan : Modul Peralatan Transaksi (Mempersiapkan dan Mengoperasikan Peralatan Transaksi Di Lokasi Penjualan ), Sutrisno ,2007, Bisnis dan Manajemen, Jakarta, Galia Indonesia
b) Media Pembelajaran : Telepon, Faximili
J. Penilaian
1. Penilaian hasil belajar dengan tes tertulis (Penilaian Kognitif Atau Pengetahuan)
2. Penilaian Hasil Belajar dengan tes praktek (Penilaian Psikomotorik atau Ketrampilan)
3. Penilaian proses dengan matrik penilaian sikap (Afektif)

Mengetahui, Malang, 26 Juli 2011
Kepala SMK PGRI 2 Malang Guru Pengajar

Suprijana, S.Pd. Aimatus Solicha Nurman

LAMPIRAN 1
Bahan Ajar (Hand Out)

LAMPIRAN 2
SOAL SOAL

Soal – Soal
1. Sebutkan pengertian:
a) Komunikasi
b) Etika komunikasi
c) Etiket komunikasi
2. Sebutkan prinsip-prinsip etika bisnis!
3. Sebutkan etiket hubungan antara:
a) Penjual dengan pelanggan?
b) Perusahaan dengan karyawan?
c) Hubungan antar bisnis?
d) Hubungan dengan investor?
e) Hubungan dengan lembaga keuangan?
3. Sebutkan fungsi alat komunikasi!
4. Sebutkan media komunikasi berdasarkan alat yang digunakan!
5. Sebutkan prosedur-prosedur pengeperasian telepon!
6. Apabila penelpon membuat janji temu dengan kompeten maka operator harus mencatat apa sajakah?
7. Sebutkan prinsip-prinsip mendengar!
8. Sebutkan etika bertelpon!
9. Sebutkan fungsi tombol pada pesawat telepon, 10 saja!
10. Sebutkan dan jelaskan cara perawatan telepon!

LAMPIRAN 3
Penilaian

Lembar Penilaian Aspek Kognitif/Pengetahuan
XI PEMASARAN
SMK PGRI 2 MALANG

No Nama Nomor Soal JUMLAH
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 SKOR
1 ANDRIAS KRISDIANTORO
2 ANGGUN SUCAHYANI
3 DEWI AYU LESTARI
4 DWI ARIESKA
5 DWI KARTIKA W
6 EKA KARISMAWATI
7 ERLINA DWI
8 EVA FATIMAH
9 HANIK ATUR ROHMAH
10 ISROTUL ISNAIANI
11 JEFRI ALBERT GUNAWAN
12 LOVITA SARI
13 PIPIT NINGSIH
14 SARIP TAMBAK OSO
15 SILVI NOVIA YUNITA
16 SRI BAWON
17 SUSANAWIAH
18 LAILATUL M
19 RISKA WIDYA S
20 SRI UTAMI
21 DIAN OKTAF AMELIA
22 NINING WIDYA L
23 MISTIN ERMA WATI
24 SINTA NURIA
25 ACMAD ANANTO
26 S MAYSAROH
27 FENTI RAMADAYANTI
28 ANGGA FEBRIANTO
29 NOVITA SARI
30 MEI SUSANTI
31 LELY APRILIA
32 FRANSISKA VINA
33
34
35

Kriteria Penilaian
No Kriteria Skor
1. Jika Jawaban Benar, Lengkap 10
2. Jika Jawaban Benar, Kurang Lengkap 7,5
3. Jika Jawaban Salah 5
4. Tidak Ada Jawaban 0
Lembar Penilaian Aspek Psikomotorik/Keterampilan
XI PEMASARAN
SMK PGRI 2 MALANG

No Nama Aspek yang Dinilai JUMLAH
SKOR
Persiapan Proses Kerja Hasil Kerja
1 ANDRIAS KRISDIANTORO
2 ANGGUN SUCAHYANI
3 DEWI AYU LESTARI
4 DWI ARIESKA
5 DWI KARTIKA W
6 EKA KARISMAWATI
7 ERLINA DWI
8 EVA FATIMAH
9 HANIK ATUR ROHMAH
10 ISROTUL ISNAIANI
11 JEFRI ALBERT GUNAWAN
12 LOVITA SARI
13 PIPIT NINGSIH
14 SARIP TAMBAK OSO
15 SILVI NOVIA YUNITA
16 SRI BAWON
17 SUSANAWIAH
18 LAILATUL M
19 RISKA WIDYA S
20 SRI UTAMI
21 DIAN OKTAF AMELIA
22 NINING WIDYA L
23 MISTIN ERMA WATI
24 SINTA NURIA
25 ACMAD ANANTO
26 S MAYSAROH
27 FENTI RAMADAYANTI
28 ANGGA FEBRIANTO
29 NOVITA SARI
30 MEI SUSANTI
31 LELY APRILIA
32 FRANSISKA VINA
33
34
35

Kriteria Penilaian
No Kegiatan Kriteria Skor
1. Persiapan Lengkap 90-100
Kurang Lengkap 80-89
Sangat Kurang Lengkap 70-79
2. Proses Kerja Cepat Benar 90-100
Lambat Benar 80-89
Cepat Kurang Benar 70-79
Cepat Salah 0
3. Hasil Kerja Benar Lengkap 90-100
Benar Kurang Lengkap 80-89
Benar Tidak Lengkap 70-79
Salah 0

Lembar Penilaian Aspek Psikomotorik/Sikap
XI PEMASARAN
SMK PGRI 2 MALANG

No Nama Aspek yang Dinilai JUMLAH
Kedisiplinan Tanggung Jawab Ketekunan Kejujuran
1 ANDRIAS KRISDIANTORO
2 ANGGUN SUCAHYANI
3 DEWI AYU LESTARI
4 DWI ARIESKA
5 DWI KARTIKA W
6 EKA KARISMAWATI
7 ERLINA DWI
8 EVA FATIMAH
9 HANIK ATUR ROHMAH
10 ISROTUL ISNAIANI
11 JEFRI ALBERT GUNAWAN
12 LOVITA SARI
13 PIPIT NINGSIH
14 SARIP TAMBAK OSO
15 SILVI NOVIA YUNITA
16 SRI BAWON
17 SUSANAWIAH
18 LAILATUL M
19 RISKA WIDYA S
20 SRI UTAMI
21 DIAN OKTAF AMELIA
22 NINING WIDYA L
23 MISTIN ERMA WATI
24 SINTA NURIA
25 ACMAD ANANTO
26 S MAYSAROH
27 FENTI RAMADAYANTI
28 ANGGA FEBRIANTO
29 NOVITA SARI
30 MEI SUSANTI
31 LELY APRILIA
32 FRANSISKA VINA
33
34
35

Kriteria Penilaian: Setiap Aspek Yang Muncul Diberi Skor 20

Lembar Penilaian Akhir
XI PEMASARAN
SMK PGRI 2 MALANG

No Nama KD Mengoperasikan Alat Komunikasi NILAI SKM 70
P=50% K=30% S=20% (N1+N2+N3)
SK N1 SK N2 SK N3
1 ANDRIAS KRISDIANTORO
2 ANGGUN SUCAHYANI
3 DEWI AYU LESTARI
4 DWI ARIESKA
5 DWI KARTIKA W
6 EKA KARISMAWATI
7 ERLINA DWI
8 EVA FATIMAH
9 HANIK ATUR ROHMAH
10 ISROTUL ISNAIANI
11 JEFRI ALBERT GUNAWAN
12 LOVITA SARI
13 PIPIT NINGSIH
14 SARIP TAMBAK OSO
15 SILVI NOVIA YUNITA
16 SRI BAWON
17 SUSANAWIAH
18 LAILATUL M
19 RISKA WIDYA S
20 SRI UTAMI
21 DIAN OKTAF AMELIA
22 NINING WIDYA L
23 MISTIN ERMA WATI
24 SINTA NURIA
25 ACMAD ANANTO
26 S MAYSAROH
27 FENTI RAMADAYANTI
28 ANGGA FEBRIANTO
29 NOVITA SARI
30 MEI SUSANTI
31 LELY APRILIA
32 FRANSISKA VINA
33
34
35

Keterangan: P = Pengetahuan K = Keterampilan S = Sikap
Sk = Skore N = Nilai L = Lulus TL = Tidak Lulus SKM = Standar Ketuntasan Minimal

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s